Sudahkah mengkonsumsi kafein dengan tepat?

Halo, artikel berikut ini akan membahas habis tentang kafein. Jadi buat kalian semua yang penasaran sama yang namanya kafein, wajib baca sampai habis. Tentunya, agar kita dapat memanfaatkan kegunaan kafein dengan benar dan tepat (=

Kafein, sesuai namanya merupakan senyawa kimia yang biasa ditemukan pada kopi, walaupun sebenarnya senyawa ini juga banyak ditemukan pada teh, coklat, maupun minuman bersoda. Senyawa ini merupakan zat psikoaktif (obat perangsang sistem saraf pusat) yang sangat digemari dan paling banyak dikonsumsi di dunia, bahkan kita sendiri tentunya. Bagaimana tidak, kafein dapat mengusir rasa kantuk secara sementara. Untuk begadang, untuk lembur, untuk mengerjakan tugas kampus, dan bahkan untuk teman ngegame online pasti kopi kita andalkan untuk itu semua walaupun sebenarnya kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja.

1.  Minuman apa sajakah yang mengandung kafein?

Seperti dijelaskan dalam pengantar diatas serta dikutip dari University of Iowa, bahwasanya kafein terdapat pada minuman yang mengandung bahan penyegar. Eits, tunggu dulu. Minuman dengan bahan penyegar disini bukan minuman yang segar dengan “es”, tetapi minuman yang dapat membuat kita menjadi segar, semangat, atau “melek” lagi. Minuman dengan bahan penyegar yaitu, kopi, teh, coklat, dan soda. Iya, yang terakhir pasti kaget kan? Soda juga mengandung kafein, untuk itulah jangan sering minum-minuman bersoda.

2. Adakah efek samping dari berlebihan mengkonsumsi kafein?

Semua yang berlebihan pasti akan menyebabkan sesuatu yang buruk, seperti yang kita ketahui penyakit ginjal adalah salah satunya. Karena dikutip dari National Drug and Alcohol Research Center, University New South Wales bahwa konsumsi kafein dibatasi maksimal 600 mg per hari atau setara 4 cangkir kopi hitam / 6 cangkir teh.

3. Lalu, bagaimana menghitung atau perkiraan kafein dalam minuman sehari-hari?

Berikut adalah tabel perkiraan jumlah kafein dalam minuman sehari-hari:

TypeAverage amount per serving
Instant coffee 75 mg per 190 ml cup
Brewed coffee 85 mg per 190 ml cup
Brewed tea 50 mg per 190 ml cup
Energy drinks (with added Caffeine or guarana) 28-87 mg per 250 ml glass
Cola drinks (diet or regular) 8-53 mg per 250 ml glass
Some soft drinks 24 mg per 250 ml glass
Chocolate 5.5-35.5 mg per 50 g bar

Nah, itu tadi tabel perkiraan jumlah kafein. Semoga kita bisa memanfaatkan dengan benar dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *